Rabu, 16 Maret 2016

Olivier Levasseur dan Gold D Roger

  Nama    : Fajar Riadi (2513131096)
  Jurusan : Teknik Industri
  Universitas Jenderal Achmad Yani   
  Hobi     : Olah raga dan membaca komik
    Assalamu'alaikum wr wb . yah perkenalkan nama saya Fajar Riadi, salah satu mahasiswa yang letak universitasnya di bandung, saya berumur 20 tahun jurusan Teknik Industri, saya sangat suka dengan hobi membaca komik dalam waktu senggang dijadwal perkuliahan saya, beberapa komik dengan judul yang pasti kalian juga mengenalnya salah satunya manga One piece.
      Untuk mempersingkat waktu, yah baiklah langsung saja hmm , saya ingin menceritakan tentang salah satu hal yang pasti orang- orang yang berumur 16 tahun sampai 27 tahun pasti tau lah apa itu manga One piece, manga ini adalah manga paling saya sukai selain naruto, saya yakin kalian tidak tahu latar belakang dari cerita kartun ini, padahal menurut saya cerita kartun ini mempunyai banyak sekali nilai-nilai sejarah yang tidak ditemukan atau yang tidak diceritakan di sekolah, saya juga merasakan banyak pelajaran sejarah baru, yang saya dapatkan setelah membaca komik tersebut, saya baca-baca dari beberapa sumber ternyata sang pembuat kartun bernama Eiichiro Oda, menurut saya dia seperti membuat metode baru dengan menggunakan komik dalam mengajar sejarah terhadap semua orang diseluruh dunia dengan ditambah-tambah karakter yang bisa memberikan pengetahuan baru dan juga membuat kita bisa berimajinasi, di kisahkan ada seorang bajak laut yang bernama Gol D Roger dia adalah raja bajak laut yang baik yang mempunyai pengetahuan seluruh dunia, dia dihukum mati oleh pemerintah dan memberikan sebuah pesan tentang harta karun yang terdapat di sebuah pulau, dari cerita tersebut hal itu terjadi di dunia nyata raja bajak laut tersebut adalah Oliver Lavasseur,
        Olivier Levasseur lahir di Calais, Perancis, sekitar tahun 1688 - 1690. Nama aliasnya adalah Le Buse atau La Bouche (elang). Julukan ini diperolehnya karena kecepatannya dalam menyerang musuh. Kita mungkin mengira bahwa bajak laut adalah mereka yang berasal dari kaum berandalan, namun tidak demikian dengan Levasseur. Ia lahir dari kalangan borjuis dan berada. Ia bahkan pernah mendapatkan pendidikan yang baik hingga akhirnya menjadi anggota pasukan angkatan laut Perancis.


Petualangannya dimulai ketika terjadi perangSpanish Succession tahun 1701-1714. Levasseur ditugaskan untuk bertempur di dalam perang ini. Ketika perang berakhir, ia dipanggil pulang oleh pemerintah Perancis. Namun ia menolak dan malah bergabung dengan bajak laut Benjamin Hornigoldtahun 1716. Akibat perang yang dijalaninya, Olivier membawa sebuah bekas luka di dekat matanya yang membuat pandangannya menjadi lebih terbatas.


Setelah satu tahun melakukan berbagai pembajakan, perkumpulan Hornigold terpecah. Olivier berpisah dan mencoba peruntungannya di pantai barat Afrika. Pada tahun 1719, ia bekerja sama dengan bajak laut Howell Davis dan Thomas Cocklyn.

Pada tahun 1720, mereka menyerang pelabuhan Ouidah di pantai benin dan berhasil menghancurkan benteng-benteng disana. Pada tahun yang sama ia mengalami karam kapal di laut merah dan terdampar di pulau Anjouan, salah satu pulau di Comoro. Saat itu, satu matanya sudah benar-benar menjadi buta dan ia memutuskan untuk memakai penutup mata.

Pada tahun 1721, ia membangun markasnya di pulau Saint Mary, di dekat pantai Madagaskar. Bersama John Taylor dan Edward England, mereka berhasil melakukan beberapa pembajakan yang berhasil. Hasil pertama mereka adalah saat mereka berhasil membajak kapal Laccadives dan berhasil mendapatkan harta senilai 75.000 pound (sekitar 10,35 juta pound saat ini).


Kemudian, kesuksesan mereka yang terbesar datang ketika mereka berhasil menaklukkan kapal portugis Nossa Senhora do Cabo (The Virgin of the Cape) yang penuh dengan harta milik uskup Goa yang juga ada di atas kapal. Harta yang didapat antara lain batangan emas dan perak, lusinan kotak penuh dengan koin golden guineas, berlian, mutiara, batu rubi, sutra dan objek-objek religius dari katedral Saint Catarina di Goa, termasuk Flaming Cross of Goayang terbuat dari emas murni. Total harta ini diperkirakan bernilai 100 juta poundsterling pada tahun 1968.


Namun petualangan Levasseur berakhir ketika ia ditangkap dan digantung pada tanggal 7 Juli 1730 di pulau Bourbon. Dan dari sinilah legenda mengenai harta yang hilang mulai berkembang.


Legenda mengatakan bahwa ketika ia berdiri di tiang gantungan dengan sepotong kain hitam menutupi matanya, ia mengenakan sebuah kalung yang berisi 17 baris pesan rahasia. Ia melemparkannya ke tengah kerumunan massa yang menyaksikannya dan berteriak,"Temukan hartaku bagi kalian yang bisa mengartikannya!"



Kisah mengenai kalung misterius dan harta ini menghilang selama beberapa abad dari publik hingga sekarang.
  , yah demikian pengetahuan saya tentang asal usul raja bajak laut Gol D Roger (one piece) dalam dunia nyata (sejarah) informasi diambil dari berbagai sumber. Terima kasih. 
#UNJANI

2 komentar:

  1. Thanks bro infonya, ga nyangka and oda ngambil cerita nyata

    BalasHapus
  2. Thanks bro infonya, ga nyangka and oda ngambil cerita nyata

    BalasHapus